Hati-hati Membeli WRT54G

October 13, 2008 – 8:41 am

Kalau dibaca sekilas, judulnya agak-agak serem seolah-olah WRT54G berbahaya. Bukan bermaksud untuk mendiskreditkan sebuah merek, atau membuat takut para penggunanya. Posting ini hanya sebagai sharing pengalaman saja akibat dari membeli alat tanpa mengetahui support yang didapat dari pembelian alat tersebut.

Judul posting ini untuk mengingatkan saya sendiri untuk lebih teliti ketika membeli sebuah barang. Judul di atas jangan disamakan persepsinya dengan peringatan “Hati-hati membeli makanan A” (karena tidak baik untuk kesehatan) atau “Hati-hati membeli mainan B” (karena mengandung zat berbahaya) dll.

Waktu itu ada teman minta tolong untuk meng-konfigurasi WRT54G (Ver.7) dan WAP54G (untuk dijadikan repeater). Karena merasa pernah sukses meng-konfigurasi jaringan dengan alat yang sama (tipenya), saya menyanggupi untuk membantu konfigurasi alat-alat tersebut.

Tidak lebih dari 15 menit konfigurasi selesai. Setelah dicoba ternyata gagal. Bolak-balik halaman konfigurasi untuk memastikan tidak ada yang salah konfigurasi, tetep saja koneksi WAP54G ke WRT54G gagal. Akhirnya dicoba menggunakan WRT54G lain (Ver.2). Dengan konfigurasi yang sama, WAP54 langsung dapat melakukan koneksi dengan WRT54G (Ver.2).

Hmm… Apa ada yang salah dengan firmware WRT54G Ver.7? Muncul ide coba kalau di upgrade firmwarenya, mungkin bisa mengatasi kegagalan. Berbekal versi WRT54G yang tertempel pada bagian bawah alat, saya coba cari firmware di situs resmiya linksys. Sedikit terkejut, karena pada daftar yang tertera pada halaman situs tersebut tidak terdapat firmware untuk versi 7.

Sampai saat ini saya sendiri belum menemukan jawaban mengenai kegagalan saya menghubungkan 2 alat tersebut (WAP54G sebagai wireless repeater dari WRT54G Ver.7). Ada apa gerangan dengan WRT54G Ver.7? Adakah rekan-rekan yang tahu mengenai hal ini?

  1. 18 Responses to “Hati-hati Membeli WRT54G”

  2. Saya pernah pakai ver 7 ini untuk sharing internet di rumah. Timbul masalah koneksi ke internet sering drop/putus. Power harus dimatikan untuk resetnya.
    Saya udah coba upgrade firmware nya (7.004) tetap aja drop. Ver 7 ini chipsetnya berbeda dengan ver lainnya. Dan versi ini juga tidak disupport oleh DD-WRT.
    Untungnya barang ini bisa dikembalikan ke dealernya & akhirnya ditukar dengan versi lainnya.


    Wah.. Kalo masih bisa ditukar lebih enak tuh mas. Apalagi kalo bisa dapet versi yang lain. BTW dapet upgrade-an firmware-nya dari mana mas?
    Terimakasih udah mampir.

    By bayu juli on Oct 19, 2008

  3. Saya pakai WRT54G versi 1, sama Pak sering nyambung putus terus, malah anehnya koneksi wireless berjalan lancar tapi koneksi cable tidak nyambung. awalnya saya pikir masalah itu disebabkan dari ISPnya. Ternyata begitu koneksi langsung saya tancapkan ke PC tanpa router, koneksi internet berjalan lancar.Router itu yg saya gunakan itu sudah 2 tahun lamanya. Akhirnya saya ganti dengan router yang baru WRT54G2 tidak ada masalah.


    Terimakasih sharing infonya.

    By herdi on Nov 21, 2008

  4. yup, sama seperti saya. Saya menggunakan banyak produk linksys, cuma yang bermasalah hanya WRT54G ver 7. Padahal WRT54G ver6 sangat bandel dan bisa di pasang DD-WRT. Setelah saya telusuri memang banyak yang compalin di versi7 tersebut.


    Terimakasih sharing pengalamannya

    By cendana on Dec 17, 2008

  5. beda chipset-nya pak
    untuk di versi 7, linksys menggunakan chipset atheros
    sedangkan diversi lainnya menggunakan chipset broadcom.

    Perbedaan yg mencolok adalah:
    Klo brodcom bisa di upgrade dgn dd-wrt, tomato, ect. Nah atheros rata2 bermasalah, atau bisa dikatakan ga bisa diupgrade.


    Terimakasih mas Sidiq. Saya sendiri belum pernah nguprek hardwarenya.

    By sidiq on Jan 11, 2009

  6. thanks share infonya..
    mungkin pada saat membeli akan dipertimbangkan dengan melihat brp versi firmwarenya..


    Betul mas.. Agar tidak menyesal setelah barang terbeli.

    By Latifudin on Jan 30, 2009

  7. Aku juga ada WRT54G ver 7 dan WAP versi 3xx, aku pasang OK OK aja ik, nggak ada masalah sama sekali untuk repeater, client maupun bridge,.. tapi belum coba upgrade WRT nya kalau WAP nya udah,.. tapi tetep OK, sekalian tanya ada nggak upgrade WRT54G yang ada setting untuk mengatur fokus antenna nya , left, right or diversity githu, soalnya mau coba pasang antena external omni, masak musti pasang 2 di satu Ap.


    WRT54G ver.7 nya isitimewa itu mas.. Firmwarenya versi berapa ya?
    Untuk firmware yang memiliki fitur pengatur fokus antena omni saya belum pernah tahu mas.. Mungkin nanti kalo mas wawan sudah nemu bisa di share disini.
    Terimakasih..

    By Wawan on Feb 12, 2009

  8. saya mau tanya ni kepada para pakar
    apakah saya bisa mengkoneksikan 2 buah AP ke WRT54G?
    karna dari info yang saya terima,WRT54G tidak bisa mengkoneksikan 2 buah AP karna WRT54G bukan multi repeater
    mohon ilmu gan
    makasih banyak


    kalau 2 buah AP tersebut sama-sama langsung terhubung dengan WRT54G, seharusnya bisa.

    By David Tandean on Jul 16, 2009

  9. Yth. Bapak2 semua

    Mohon maaf sebelumnya. saya ada masalah, kebetulan saya ditugasi oleh manager di tempat kerja saya untuk memasang jaringan menggunakan router syslink wireless-G, model: WRT54G ver. 7.0 supaya laptop dia bisa akses ke jaringan movable. kebetulan di ruangan kami sudah ada jaringan lokal (LAN). Masalahnya, CD setupnya hilang. saya coba cari di internet kok nggak ada ya? ada yang bisa bantu?

    trims


    CD Setup untuk apa mas? WRT54G kan bisa di manage secara web based.
    Untuk Linksys WRT54G biasanya menggunakan default IP 192.168.1.1 sebagai router LAN-nya.

    By arif on Oct 16, 2009

  10. ada yg tau manual WRT54G ver 7 ga??
    soalnya cd gw ilang,,,
    katanya sih susah kalo mo nyetting
    thx


    Udah dicoba dengan akses ke web based configurationnya belum?

    1. Default IP Address WRT54G kalo tidak salah 192.168.1.1 netmask 255.255.255.0
    2. PC / Laptop dikasih IP Address dalam jaringan yang sama. misal: 192.168.1.2 netmask 255.255.255.0
    3. Pastikan PC / Laptop terhubung dengan WRT54G (bisa menggunakan kabel atau wireless)
    4. Gunakan browser (mozilla / IE) untuk mengakses ke alamat 192.168.1.1
    5. Jika muncul prompt popup username & password, kotak isian username biarkan kosong, kotak isian password diisi sesuai dengan passwordnya (defaultnya admin)

    Semoga bermanfaat.

    By nita on Oct 29, 2009

  11. cara seting sih bener kata mbak nita, cuman lebih baiknya PC/Laptop diseting DHCP saja biar semua bisa konek otomatis tanpa harus seting IP masing2 PC/Laptop. bagus lagi dikasih security WAP/WEP biar kalo mau konek harus isi pass.

    saya sudah pake WRT54G hampir 4 tahun, baik2 saja tuh, cuman beberapa kali lemah signal, di update firmware nya langsung beres, kalo untuk pemula merk linksys emang paling mudah setingnya dan paling mudah diterima PC/Laptop klien.

    memang bener chipset nya tdk bisa dioprek oleh team DDWRT/Tomato karena memory nya cuman 2mb (keterbatasan ini dan seri chipset atheros yg membuat alat tidak bisa diupgrade DDWRT). kalau seneng setingan yg lengkap ya jgn pilih versi 7.00 ini, tapi kalau sekedar untuk rumahan yg butuhnya cuman bisa konek internet tanpa harus repot2, alat ini bisa jadi pilihan bagus.

    kalau masalah seting yg gagal, mungkin penulis kurang teliti mencermati menunya, karena rekan yg lain sukses tuh.


    Terimaksih sharing infonya gan..

    By beni on Dec 24, 2009

  12. selamat sore
    mau tanya nih pada pakar2 router WRT54G
    apakah router ini bisa ngeblock situs ya??
    soalnya saya gak pernah setting block user tetapi web site klikbca.com dan lain2 ada yang beberapa tidak bisa di buka selalu page not found, setelah saya coba langsung tanpa router ternyata bisa buka. apa ya yang harus di setting di routernya??
    sebelumnya terima kasih atas infonya


    WRT54G memiliki fasilitas untuk melakukan pemblokiran terhadap situs-situs tertentu. Namun secara default WRT54G tidak melakukan pemblokiran.
    Mengenai beberapa situs yang tidak bisa diakses mungkin perlu dicheck apakah DNS-nya resolv atau tidak.

    By wendi on Jan 1, 2010

  13. Saya pake wr54g ver. 7, ga da masalah sama sekali, ga pernah dc juga, paling hanya sinyal turun 2 bar, trus kembali penuh. Kalau versi lain ada yg bisa jadi wi-fi client (buat nyambung ke hotspot lain) ndak ya?


    Pada umumnya wireless yang tidak berfungsi sebagai router memiliki fasilitas sebagai repeater ataupun client.

    By emyu on Jun 18, 2010

  14. saya mau tanya neh, saya di suruh memperbaiki wifi temen.. katanya tidak berfungsi… eh saya coba di jco wifi gratisan … sudah konek dengan wifinya… tapi malah browsernya di blok oleh wrt54g… dia minta username dan pasword, itu berlaku pada semua browsernya… saya bingung kok bisa browsernya minta username dan pasword….mohon saran dan masukanya oleh para pakar.. terimakasih


    Munculnya permintaan username dan password pada browser ada beberapa kemungkinan:

    • Kemungkinan pertama browser disetting menggunakan proxy, dimana proxy tersebut menerapkan autentikasi untuk penggunaannya.
    • Kemungkinan kedua access point di tempat tersebut terhubung ke radius server untuk autentikasi username dan passwordnya.

    By abah012 on Jul 21, 2010

  15. Ini Bener sperti kalo pake Mikrotik kalo muncul prompt user password

    By rudi tanium on Nov 7, 2010

  16. Iya aplikasinya sperti kalo di hotspot manager yang pake mikrotik juga bisa seperti itu

    By rudi tanium on Nov 7, 2010

  17. halo,,,,

    maaf bapak2 tolong saya di bantu karena router linksys saya bermasalah , saya menggunakan router linksys model WRT54G ver7 yang dibilang oleh banyak orang router paling GATOT “gagal total” wkwkwkwkkw…

    saya harus mengupdate firmwarenya management sedangkan saya sudah cari sana-sini tapi gak ketemu…bisa kirim firmwarenya gak ke email saya di eko@big.net.id..
    mohon bantuannya

    PLEASE….


    Sudah coba mengikuti tips ini? Atau coba download firmware dari sini.

    By eko on Jan 20, 2011

  18. Saya pernah beli WRT 54 G tersebut,tidak disangka saat beberapa kali dipakai bermasalah yaitu tidak bisa diakses via pc atau leptop dengan web browser untuk keperluan konfigurasi,di reset pun gak da hasil. akhirnya barang tersebut dikembalikan ke distributor karena masih garansi.

    By bandiyo on Feb 16, 2011

  19. hallouw pak,
    saya sedang membuat koneksi antara wrt54g dan wap54, bisakah membuat artikel mengenai itu hehehe
    thanks 😀

    By bimasakti85 on Mar 21, 2011

Post a Comment