Mengganti Favicon Pada Joomla 1.5

December 1, 2008 – 11:45 am

Iseng-iseng utak atik Joomla 1.5.8. Klik sana – sini pingin tahu fasilitas yang ada di Joomla versi 1.5.8 ini. Maklumlah kalau kurang begitu mengenal fasilitas yang ada di cms ini, karena saya bukan pemakai cms ini. Siapa tahu setelah kenal dengan cms ini jadi tertarik untuk menggunakannya.

Setelah mengetahui beberapa fasilitas yang ada, tiba-tiba muncul pertanyaan bagaimana mengganti favicon defaultnya ke icon buatan sendiri. Sebenarnya bukan murni buatan sendiri tapi lebih condong ke modifikasi icon, karena saya tinggal meng-icon-kan gambar yang sudah ada. Dan itupun sudah tersedia toolnya di situsnya Dynamic Drive.

Setelah favicon pengganti favicon default sudah siap, mulailah me-replace file-file favicon lama dengan favicon baru seperti petunjuk yang ada di sini juga di sini. Namun tetap saja yang muncul tetap favicon default yang bergambar logo Joomla. Petunjuk-petunjuk lain yang ada di sini pun juga saya coba, namun tetap saja gagal. Dan atas seizin اللّه, saya menemukan artikel ini. Dan langkah berikut yang saya lakukan untuk mengganti favicon pada Joomla 1.5.8:

  • Siapkan favicon.ico pengganti favicon.ico default bawaan Joomla.
  • Copy paste favicon.ico baru ke direktori ‘/images/’ yang ada di root direktori Joomla.
  • Edit ‘index.php’ pada template yang digunakan (Misal menggunakan template ‘rhuk_milkyway’ maka ‘index.php’ yang akan diedit ada di ‘/template/rhuk_milkyway/’) dengan menambahkan baris dibawah ini sebelum tag </head>:
    <link rel="shortcut icon" href="<?php echo $tmpTools->baseurl(); ?>
    /images/favicon.ico" />

Semoga bermanfaat.

nb.
Segala resiko dari uji coba dengan cara di atas ditanggung sendiri-sendiri saja ya.
  1. 9 Responses to “Mengganti Favicon Pada Joomla 1.5”

  2. Ga jalan boz, malah jadi suka hang


    Mas Derri pake template apa ya? Uji coba saya pake rhuk_milkyway sukses dengan langkah seperti pada posting di atas.

    By Derri Maulana on Feb 21, 2009

  3. asssl,,saya coba ganti favicon pada template http://prowebcreative.com/demo/?template=pwc016_business..sesuai dengan langkah2 di atas tapi tetap g’ bs juga..pesa errornya seperti ini:
    Fatal error: Call to a member function baseurl() on a non-object in C:\xampp\htdocs\joomla15\templates\pwc016_business\index.php on line 16
    solusinya gmana u mas?
    terimakasih sebelumnya


    Agak sedikit berbeda cara mengganti favicon untuk template ini. Coba dengan langkah dibawah ini:

    • Copy paste favicon.ico pengganti pada folder template yang dipilih (misal: C:\xampp\htdocs\joomla15\templates\pwc016_business\).
    • Edit File index.php dari template terpilih (misal: C:\xampp\htdocs\joomla15\templates\pwc016_business\index.php) dan tambahkan syntax <link rel="shortcut icon" href="/favicon.ico" /> di atas tag </head>.

    By hayatul husna on Jul 21, 2009

  4. Thanks atas masukannya, Icon di webku sudah jalan..
    Awalnya sih ga bisa krn variabel $tmpTools ditempatku ga ada.. so aku ganti menjadi <link rel="shortcut icon" href="baseurl ?>/images/favicon.ico” />. Diletakkan dibawah tag .


    sama-sama mas.

    By bonte on Dec 26, 2009

  5. makasih ilmunya


    Sama-sama. Terimakasih sudah mampir.

    By aga on Apr 2, 2010

  6. nb.
    Segala resiko dari uji coba dengan cara di atas ditanggung sendiri-sendiri saja ya.

    kata-kata diatas menurut saya anda tidak yakin dengan apa yang anda kerjakan, sehingga membuat para pembaca pada web anda tidak yakin dengan hasil anda


    Terimakasih sudah mampir.
    Tentu saja saya yakin dengan apa yang saya kerjakan. Yang saya tidak yakin adalah hasil dari uji coba para pembaca dengan cara seperti yang saya lakukan. Hal ini disebabkan karena saya melakukan uji coba pada komputer saya, dan para pembaca mencoba pada komputer masing-masing yang notabene bisa jadi ada perbedaan kondisi masing-masing komputer yang digunakan.

    By hillman on Jul 14, 2010

  7. wekeekkekeke…. banyak juga yang jadi korban..

    saran saya.. copas sebelum atau setelah pada index.php template

    itu juga bisa ko’… kalau masih belom terganti.. mesti sabar.. gunakan Ctrl + F5…


    Terimakasih sharing infonya mas..

    By si dummy on Dec 11, 2010

  8. share sedikit, saya menggunakan engine Joomla! 1.5.22 Stable. editing agak sedikit berbeda, yang berhasil saya lakukan menggunakan

    <link rel="shortcut icon" href="baseurl ?>/images/favicon.ico” />


    Terimakasih udah mau sharing infonya disini.

    By Harri on Jan 3, 2011

  9. Salam mas…
    Mas…, dah jadi lho… Saya pake template ja larix… Sudah jadi mas, tapi sebelum favicon yang saya inginkan muncul, icon bawaan ja larix tetap muncul mas… padahal sudah di delete tuh icon bawaan, tapi tetap muncul ya… Mungkin bisa dibantu mas?

    By Alim on May 4, 2011

  10. salam mas
    mas saya buat temlate dari software pihak ke 3 yaitu artisteer nah itu ga ada iconnya ,untuk bikin iconnya bagaimana ya mas karena iconnya tidak muncul sama sekali blank putih saja!
    kalau bisa balasan via e-mail saja mas..terima kasih mohon bantuaanya…


    Mas Reza mau bikin iconnya atau mau menampilakn iconnya?

    By reza on Aug 22, 2011

Post a Comment